Cara Membuat Teks Menyatu Dengan Permukaan Background Apapun Pada Photoshop




Kalau Anda perhatikan baik-baik, maka teks pada gambar diatas terlihat menempel pada permukaannya. Nah, teknik ini berguna ketika kita akan membuat mockup design misalnya. Mockup yaitu penempatan design yang sudah dibuat pada bentuk produk-produk yang akan digunakan.

Membuat teks menyatu dengan permukaan membuatnya nampak terlihat lebih nyata, dan menghilangkan kesan editan. Yuk, langsung simak step by step dibawah ini ya.

1.       Silahkan browsing terlebih dahulu foto permukaan yang bagus atau beresolusi tinggi di internet. Bisa di www.freepik.com dengan keyword : fabric, fabric surface, texture fabric, atau texture surface. Boleh warna apa saja, namun usahakan gambar yang memiliki resolusi tinggi, agar teksturnya tetap terlihat dengan jelas. Kemudian download dan simpan di komputer Anda

2.       Buka Adobe Photoshop Anda, lalu open background surface yang sudah di download tadi. File>>Open>>Pilih File>>OK.


3.       Ketikkan teks Anda menggunakan Typing Tool (T), dan posisikan teks Anda berada diatas lekukan-lekukan surface yang pas sesuai selera Anda. Semakin banyak berada pada lipatan-lipatan, maka semakin baik.


4.       Pada Adobe Photoshop CS3, lakukan klik kanan pada layer teks yang baru saja Anda ketikkan>>Rasterize Type, agar layer Anda berubah dari type Teks menjadi Raster.


5.       Setelah berubah menjadi Raster, maka klik tab Filter>>Liquify atau tekan Shift+Ctrl+X. Kemudian akan muncul window baru yang terpisah dari jendela kerja Anda sebelumnya, yaitu jendela kerja khusus Liquify. Teknik Liquify, sesuai arti literalnya, adalah teknik untuk membuat objek lebih bersifat fluids, yaitu seperti benda cair yang bisa kita ubah-ubah bentuknya secara acak.


Kumpulan tool ada di sebelah kiri jendela kerja Anda, dan tool yang akan dipakai yaitu tool Forward Warp Tool (W), tool paling atas disebelah kiri.



Kemudian parameter lainnya yang perlu diatur adalah pengaturan di jendela kerja sebelah kanan. Perhatikan, parameter Show Backdrop di bagian kanan bawah, harus diisi dengan Mode : Behind, dan Use : Background agar lekukan dibelakang teks yang kita ketik terlihat. Ini berguna pada saat kita menyesuaikan bentuk huruf dengan bentuk lekukan. Jika sudah disetting semua parameter tadi, maka kita bisa memulai untuk membentuk huruf-huruf tersebut mengikuti lekukan surface.


Lakukan klik-klik pada bagian huruf, dan perhatikan bentuk yang berubah dari huruf tersebut ketika di klik. Perubahan bentuk inilah yang kita atur, berdasarkan morfologi surface nya

Tahapan Liquify ini, perlu sedikit imajinasi dan kepekaan bentuk dari Anda. Ini bukan teknik yang otomatis bisa diakomodir oleh Photoshop, tapi sekali lagi, perlu ketelitian Anda untuk menyesuaikan bentuk permukaannya. Lakukan dengan pelan, tapi teliti. Zoom in dan zoom out kertas kerja untuk memperhatikan kesesuaiannya.

Setelah Anda anggap selesai, dan sudah cukup sesuai, klik OK


6.     Duplicate Layer teks Anda yang sudah di liquify, sehingga akan ada 2 layer. Silahkan ubah Blending Mode 2 layer teks tersebut menjadi Multiply. Kemudian, atur Blending Mode pada layer dibawahnya dengan split gradasinya. Tekan Alt, tahan dan klik kursor pembagi warna putih untuk membuat split seperti dibawah ini




Lakukan hal yang sama untuk layer diatasnya, hanya saja yang di split pembagi warna hitamnya. Seperti ini hasilnya. Blending mode Multiply akan memberikan highlights pada gradasi warna teks, sehingga mengikuti bentuk yang sudah kita liquify tadi.

7.    Jika diperhatikan, teks yang sudah melekat dengan dengan permukaan akan terasa memiliki tekstur yang juga dimiliki oleh background yang kita pasang tapi tidak begitu jelas. Nah, caranya untuk membuat tekstur dari fabric makin terlihat jelas, yaitu dengan Desaturate.




Caranya yaitu, klik kanan pada layer Background>>Duplicate Layer. Pada jendela Duplicate Layer, pilih Document>>New>>Simpan dengan Nama baru. Setelah itu akan terbuka jendela baru yang berisi background layer saja. Klik tab Image>>Adjustments>>Desaturate, lalu Save As file tersebut ke dalam ekstensi .psd.





Kembali ke kertas kerja sebelumnya, pilih Filter>>Distort>>Displace. Lalu akan muncul window Displace, isikan horizontal scale dan vertical scale : 10. Pada displacement map>>stretch to fit, pada undefined area>>wrap around. Setelah itu kita akan pillih displacement map, yaitu file .psd yang baru saja kita simpan tadi. Kemudian, perhatikan permukaan teks. Tekstur fabric sekarang sudah menempel dan menyatu dengan teks, seperti sablon



8.     Ini step optional, jika ingin mengatur gelap-terang layer secara keseluruhan, bisa atur di Curve, untuk menciptakan efek real pada keseluruhan kertas kerja kita. Bisa juga utak-atik opacity pada kedua layer teks untuk menambah efek blending dengan permukaan





Demikian tips yang bisa saya berikan, boleh nyinyir, boleh kritik, boleh saran, boleh maki-maki, boleh apa aja di kolom komentar dibawah. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Cheers.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Teks Menyatu Dengan Permukaan Background Apapun Pada Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel