Cara Membuat Efek Teks Hancur Pada Adobe Photoshop


Di submenu Basic Photoshop ini, akan coba saya bahas teknik-teknik sederhana yang bisa kita lakukan pada Adobe Photoshop. Pada artikel ini kita akan membuat efek hancur pada teks yang kita buat.

Kebetulan saya juga beginner, jadi tidak apa-apa, kita akan belajar bersama. Tapi kalau Anda sudah pro, sebaiknya cari bacaan yang lain saja. Atau boleh juga bantu saya koreksi dan memberi masukan, baik yang membangun maupun yang  nyinyir, saya dengan senang hati menerimanya. Karena sesungguhnya posisi yang paling sulit di dunia adalah menjadi seorang beginner, yang harus dari awal memulai segala sesuatu, harus dari NOL mengawali, dan harus siap dibully.

Teks hancur seperti contoh diatas adalah ilustrasi hasilnya. Adobe Photoshop yang saya gunakan disini yaitu Adobe Photoshop CS3, kalau Photoshop milik Anda versi yang lebih update, itu akan jauh lebih baik.

1.       Mulai dengan membuat Canvas baru dengan cara klik tab File>>New>>Isikan Nama File, ukuran Canvas>>OK.


Kemudian buat background nya berwarna dengan cara klik tab Layer>>New Fill Layer>>Solid Color>>Pilih Color: Red>>OK





pada window color picker atur warna maroon seperti dibawah ini atau isikan Color Code #970000>>OK. Warna background bisa Anda kreasikan sesuai kreatifitas Anda.


2.       Buat Teks, dengan cara klik toolbar disamping kiri dengan Icon T sampai muncul kursor typing.

Ketikkan Teks Anda, lalu blok seluruh teks itu. Font yang saya gunakan yaitu IMPACT. Buat melengkung dengan cara klik toolbar Create Warped Text


Pilih Style>>Arch>>Isikan Bend Rate nya sebesar 8% atau bisa Anda sesuaikan selera

Atur warna teks sesuai pilihan Anda, dalam contoh ini saya memakai warna abu-abu.

Duplicate Layer tulisan dengan cara klik kanan pada Layer tulisan Anda, lalu pilih Duplicate Layer>>Isikan nama Layer>>OK.  Atur warna pada layer teks yang baru menjadi warna hitam.

Posisikan Layer teks yang baru berada di bawah Layer Teks yang pertama, kemudian atur ukurannya dengan cara, aktifkan layer tersebut pada tab layer, kemudian tekan Ctrl+T. Atur ukurannya dibelakang teks pertama agar terkesan membentuk efek 3D.



3.       Ubah type Text menjadi Rasterize type pada layer teks yang paling atas, dengan cara klik kanan pada layer Teks>>Rasterize Type. Jangan lupa apda tahap ini, karena jika tidak dilakukan, teks tidak bisa diproses ke tahap selanjutnya


4.       Pilih Polygonal Lasso Tool pada toolbar di sebelah kiri atau tekan (L) pada keyboard, lalu buat seleksi seperti dibawah. Lalu tekan Ctrl sambil arahkan kursor menjauh dari teks, sehingga ada efek terpotong. Potong-potong teks yang sudah ada menjadi beberapa bagian. Buat sebagus mungkin agar efek hancur terlihat real.


5.       Setelah teks terpecah-pecah, klik kanan pada layer teks>>Blending Options>>pilih Stroke>>atur warna menjadi Hitam>>


Atur ukurannya menjadi 13px>>OK

6.       Hubungkan Teks hitam yang sudah kita buat dibelakang tadi dengan Efek Stroke yang sudah kita buat dengan cara, pilih Pen Tool pada Toolbar samping atau tekan (P). Pastikan Fill warna yang akan mengisi yaitu berwarna hitam. Buat bentuk yang membentuk efek 3D semakin smooth.


Setelah membuat satu bentuk, tekan Enter, lalu arahkan kursor untuk membuat bentuk yang lain. Pada tab Layer pasti akan muncul banyak Layer Shape. Tenang, bisa kita kita lakukan merge dengna cara, tekan Ctrl, lalu pilih semua layer bentuk yang baru saja kita buat, klik kanan>>Merge Layers



7.       Buat efek 3D pada bagian abu-abu, dengan cara yang sama, yaitu dengan Pen Tool, namun ganti warnanya menjadi abu-abu yang sama dengan warna teks. Buat seperti gores garis kecil di bagian ujung-ujung huruf seperti ini


Setelah itu akan terbentuk banyak layer shape, gabungkan layer tersebut semua dengan cara yang sama seperti cara pada langkah sebelumnya. Jadikan gabungan tersendiri, dan posisikan di atas Layer teks abu-abu. Jangan di Merge dengan gabungan layer pada langkah 7

8.       Cari background Metal Surface yang bagus, biasanya saya browsing di www.freepik.com. Masukkan ke dalam Canvas yang sedang Anda kerjakan dengan cara klik File>>Place>>Pilih Gambarnya>>Place


Pastikan Layer Metal Surface kita berada di atas Teks yang berwarna abu-abu, sehingga menutupi semua, kecuali bentuk-bentuk yang kita buat pada langkah 7.




Duplicate Layer Metal Surface tersebut, dan letakkan pada posisi paling atas, sehingga menutupi semuanya.

9.       Lakukan Clipping Mask dua kali, yaitu pada layer metal surface yang ada diatas teks abu-abu dengan cara klik kanan pada layer>>Create Clipping Mask. Maka Metal Surface akan langsung menyesuaikan dengan bentuk teks kita.


Lakukan lagi pada Metal Surface yang paling atas, dengan cara yang sama, supaya metal surface mengisi bentuk-bentuk kecil yang kita buat pada langkah ke-7.


Efek teks hancur sudah jadi, dan bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Sampai bertemu pada tips-tips basic selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Efek Teks Hancur Pada Adobe Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel