Tips Membedakan Adidas Ultra Boost Original Dan KW


Pabrikan sepatu asal Jerman ini memang gudangnya sepatu-sepatu keren sepanjang sejarah. Adidas Ultra Boost contohnya, Running Shoes terbaik milik Adidas ini memang penuh dengan pesona. Malahan Ultra Boost sudah bertransformasi menjadi running sneakers, yang bisa dipakai untuk segala occasion, bukan hanya saat kita berlari saja.

Kenapa penuh dengan pesona? Teknologi boost foam yang dimiliki Adidas sebenarnya juga ada pada sepatu Adidas lainnya seperti Pureboost, NMD, Solarboost, Senseboost, Energyboost, Pulseboost, dan Yeezy boost. Merk dagang Boost milik Adidas ini merujuk pada teknologi thermoplastic polyurethane yang sekilas seperti Styrofoam.

Bentuknya seperti nugget-nugget kecil lentur yang disatukan menjadi sole sepatu. Lapisan foam ini diklaim Adidas mampu meredam tekanan dan memiliki responsiveness yang baik. Belum lagi uppersolenya yang terbuat dari primeknit, yaitu sejenis material rajutan yang ringan dan fleksibel mengikuti morfologi kaki. Membuat semakin betah memakainya berlama-lama.

Menurut saya, garis siluet Adidas Ultra Boost sangat keren dan aerodinamis dibandingkan dengan boost series lainnya. Varian Adidas Ultra Boost juga sangat beragam dengan tone warna menarik, serta beberapa edisi collaboration yang sulit untuk dilewatkan. Jadi, selain karena memang nyaman digunakan untuk berlari, Ultra Boost juga sangat makes sense dipadukan dengan outfit apapun.

Artikel ini sebenarnya lebih diperuntukkan bagi orang yang membeli sepatu Adidas Ultra Boost secara online. Karena kalau kita membeli di Adidas Official Store, sudah pasti itu original. Namun yang sering jadi masalah yaitu, di kota tempat kita tinggal Toko Adidasnya jarang update barang stock. Di display cuma sepatu yang itu-itu saja. Ini yang saya alami.

Jadi terpaksa kita mencari dari marketplace.  Nah, karena saking favoritnya sneakers ini, maka banyak sekali tiruannya. Dari judul diatas, kalau ada ciri-ciri diluar kriteria yang akan saya sebutkan, artinya sepatu Adidas Ultra Boost Anda palsu alias KW. Jadi silahkan simak baik-baik detail sepatu sebelum Anda beli

Harga sepatu

Pertama yang perlu Anda lihat adalah harga. Ya selain untuk menyesuaikan dengan uang di dompet Anda, harga juga berguna sebagai petunjuk pertama untuk mengetahui original atau tidak. Kalau yang satu ini tidak bisa ditawar. Harga Adidas Ultra Boost Anda jelas dengan mudah menggambarkan apakah ia tiruan atau original. Jangan pernah tergiur membeli Adidas Ultra Boost murah yang ada di IG atau marketplace. Itu bukan Adidas Ultra Boost. Itu KW.

Banyak sekali tiruan-tiruan yang dijual dibawah harga pasar, yaitu sekitar 2 Juta ke bawah untuk BNIB. Siapa yang tidak tergiur? Kecuali, itu harga untuk sepatu second atau sepatu di platform lelang, barulah harga ini menjadi masuk akal. Normalnya, harga sepasang Ultra Boost genuine berkisar antara 2.5 juta ke atas. Sebagai contoh Adidas Ultra Boost LTD Black Leather Cage 3.0 ini dibanderol Rp 2.900.000.

Karena variannya banyak, harga juga bergantung pada jenis Adidas Ultra Boost. Untuk edisi collabs atau limited edition, jelas harganya akan lebih mahal daripada varian standar. Harga akan meningkat hingga diatas 3,5 juta rupiah. Kenapa mahal?

Sederhana, volume penjualannya terbatas sehingga mudah langka dan menjadi incaran kolektor sneakers. Contoh edisi collabs, Adidas Ultra Boost x Game of Thrones, Adidas Ultra Boost x Star Wars, Bathing Ape, atau contoh edisi spesial Adidas Ultra Boost Gold Medal, Chinese New Year, dan masih banyak lagi.

Jenis Ultra Boost juga ada uncaged, caged, dan no laces. Apa itu Ultra Boost Uncaged? Bedanya ada pada rangka plastik di badan sepatu. Ultra Boost Uncaged biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari Ultra Boost konvensional (caged).

Jadi, kalau Anda sudah melihat kalimat promosi yang bertuliskan Ultra Boost murah, atau Adidas murah asli, dan kalimat-kalimat sejenisnya, saran saya abaikan saja. Daripada kita memaksakan diri untuk meresikokan keaslian Ultra boost, lebih baik kita beli sepatu Adidas lainnya yang tidak kalah bagusnya seperti Alphabounce atau Pureboost.

Trusted Seller?

Lakukan riset juga tentang reputasi seller yang sedang kita incar sepatu-sepatunya. Jangan sembarangan asal suka sepatu terus transfer uang. Yah, kalau uang kita digitnya banyak di ATM sih bukan masalah ya.

Nah, kalau kira-kira seller itu memiliki reputasi baik, barulah kita bisa yakin sepatu yang dijual pun original. Bagaimana caranya membedakan seller yang baik dengan seller yang jelek?

Kalau seller incaran kita berada di platform Instagram, cek dulu followersnya. Pastikan paling tidak ada 1 atau 2 public figure yang follow akunnya. Kalau tidak ada public figure, cek mutual followersnya. Apakah ada teman kita yang follow seller tersebut? Jika ada, maka seller itu bisa kita pertimbangkan lebih lanjut. Kita juga bisa ambil testimoni dari teman yang mungkin pernah bertransaksi lebih dulu.

Selain followers, kredibilitas seller juga kita bisa pastikan dari testimoni di youtube atau forum-forum sneakerhead yang ada di internet. Sama halnya jika seller kita berbasis di marketplace atau memiliki web sendiri, kita bisa pastikan lewat pengalaman membeli orang lain terlebih dahulu.

Memang sering kurang meyakinkan sih kalau kita bertransaksi di web store, karena kita tidak berinteraksi langsung dengan admin manusia yang melayani kita kalau ada masalah. Maka dari itu perlu riset terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

Rekomendasi saya, untuk seller dalam negeri yaitu kickavenue.com. Sedangkan untuk seller luar, bisa merujuk pada Stock X. Pilihannya lumayan lengkap, mulai dari yang standar hingga edisi collabs yang bahkan official store pun susah ready stock.



Di kickavenue.com, semua prosedur dijelaskan dengan detail dalam web store kickavenue.com. Sistem transakinya adalah mereka hanya bertindak sebagai perantara penjual sneakers berkualitas, dengan para pembeli. Semua sneakers yang dibeli di web kickavenue.com, akan dikirimkan oleh seller ke kickavenue.com untuk diverifikasi terlebih dahulu. Jika ditemukan tidak legit alias palsu, maka uang kita akan di refund.

Jika asli akan segera dikirimkan ke alamat kita. Saya pernah bertransaksi di kickavenue.com, dan user experience yang saya dapatkan sangat memuaskan. Selain itu, yang paling membuat saya betah berlama-lama disana yaitu karena pilihannya yang sangat bervariasi. Update proses pengiriman juga selalu diberikan di web. Mulai dari seller mengonfirmasi pengiriman sneakers ke kickavenue, hingga kickavenue selesai memverifikasi dan mengirimnya kepada kita .

Perhatikan siluet

Setelah kita berhasil menentukan seller, saatnya sabar menunggu sneakers kita tiba dengan selamat. Ketika sudah datang, sneakers tetap harus kita check ulang keasliannya. Pertama yang harus kita pastikan adalah garis siluet Ultra Boost secara keseluruhan. Karakter siluetnya sulit ditiru dengan sempurna pada Ultra Boost imitasi.

Yang saya contohkan dibawah ini adalah Ultra Boost 3.0 Core Black ya. Secara umum bisa dijadikan acuan untuk Ultra Boost lainnya yang jenis caged. Garis siluetnya menurun tajam dari punggung kaki hingga ke arah jari kaki, dan sole dibelakang juga ada offset beberapa sentimeter dengan bagian atas.





Perhatikan detail

Detail yang perlu kita perhatikan juga antara lain, adanya logo Adidas pada bagian ujung laces. Ujung laces berbahan metal dan harus ada logo 3 stripes tanpa tulisan Adidas disitu. Selain itu, perhatikan juga logo Adidas yang ada pada bagian bawah tumit, di sole bagian dalam. Biasanya bisa bertuliskan Ultra Boost, atau BOOST saja juga bisa.



Selain logo Adidas pada kedua tempat tersebut, perhatikan juga bagian bawah sole nya. Di bagian ujung dekat jari-jari kaki, seharusnya ada logo Continental kecil. Continental adalah produsen karet dan ban kelas dunia yang mengerjakan lapisan bawah sole Ultra Boost untuk mendapatkan grip yang kuat.



Logo Adidas yang perlu diperhatikan yaitu di bagian ujung depan sepatu.
Selebihnya, perhatikan built quality keseluruhan sepatu. Built quality Adidas sudah dikenal sangat baik di dunia, jadi pastikan tidak ada cacat sedikitpun pada Ultra Boost yang Anda beli. Setiap inci Ultra Boost Anda seharusnya sempurna dan proporsional.



Kelebihan dan Kekurangan

Untuk urusan kenyamanan, izinkan saya berpendapat kalau ini salah satu yang terbaik yang pernah saya pakai. Digunakan berjalan saja rasanya seperti berjalan diatas kasur. Material primeknit juga membuat kaki kita terasa sejuk karena sirkulasi yang baik. Sangat nyaman digunakan dan tidak membuat kaki cepat lelah




Namun sayangnya dibawah kolong langit ini tidak ada yang sempurna. Kekurangan Adidas Ultra Boost terletak pada sole nya. Apalagi jika sole Ultra Boost kita berwarna putih. Maka bersiaplah untuk perubahan warna setelah selang waktu 1-2 tahun.

Dari putih bersih menjadi putih kekuningan. Sulit untuk membersihkannya karena kotoran-kotoran yang sangat kecil sepertinya meresap masuk kedalam sole itu. Padahal saya sudah berusaha untuk tidak menginjak surface yang kotor ketika saya gunakan.

Itu saja sih, yang membuat saya kecewa. Saran saya, jika akan membeli Ultra Boost, pilihlah yang warna sole nya gelap atau hitam, untuk menghindari perubahan warna yang tidak kita inginkan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membedakan Adidas Ultra Boost Original Dan KW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel