Peluang Usaha Sampingan Paling Masuk Akal Bagi Karyawan


Pernah dengar opini yang berbunyi “setinggi-tingginya karyawan, tetap lebih tinggi pengusaha”? Pernyataan ini seolah-olah memiliki muatan bahwa pengusaha adalah tingkatan tertinggi dalam hidup sebagai manusia yang bekerja. Tidak juga, nanti saya akan bahas lebih banyak dalam artikel lainnya, karena pada kenyataannya tidak semua orang harus menjadi pengusaha. Tapi setidaknya kita pernah mencoba, karena tidak ada yang tahu jalan hidup masing-masing manusia ke depan seperti apa. Mengapa begitu worth it untuk mencoba melatih diri menjadi pengusaha? Dan apa peluang usaha paling masuk akal untuk dijalankan bagi kita yang masih bekerja sebagai karyawan?

Memikirkan peluang usaha sampingan atau side hustle bagi kita ketika masih menjadi seorang karyawan itu penting. Karena kita memiliki kekayaan sudut pandang dari berbagai sisi, baik pekerja maupun pemilik. Kemudian juga dari segi keamanan finansial juga lebih terjaga karena masih ada back up dari penghasilan utama pekerjaan kita. Dari keuntungan-keuntungan tersebut, jelas ada sisi negatifnya. Yaitu Anda perlu bekerja jauh lebih keras dari orang lain. Disaat orang lain sudah menikmati waktu istirahat, bersiaplah untuk merelakan waktu Anda berhadapan dengan usaha sampingan itu. Berikut ini saya rangkum peluang usaha yang saya rasa paling masuk akal untuk dijalankan bagi karyawan dan juga yang sedang saya lakukan saat ini, sehingga penjelasan yang saya berikan pun real

Memulai Berjualan Melalui Sosial Media

Saya berani katakan hampir tidak ada orang yang tidak memiliki akun sosial media. Minimal Whatsapp lah, kalau punya Instagram, Facebook, itu jauh lebih bagus lagi. Berjualan itu juga konteksnya banyak, bisa jadi dropshipper, reseller, atau berjualan produk kita sendiri. Alangkah baiknya kalau kita mulai jeli melihat apa keahlian yang bisa kita berikan kepada orang lain.

Sebagai contoh yang sedang saya lakukan saat ini adalah berjualan dessert melalui Instagram. Jelas tidak mungkin kita berharap langsung besar hasilnya. Pertama yang saya lakukan adalah menyadari kalau istri suka masak, namun belum terlalu ahli. Lho tidak ahli memasak kok pede jualan makanan? Poinnya adalah suka dulu. Karena ketika suka, maka belajar memasak bukanlah beban, melainkan sesuatu yang menyenangkan. Channel youtube dan blog memasak tersedia cukup banyak di dunia maya.

Tinggal diri kita yang mau atau tidak untuk mengembangkan diri. Hasilnya tidak banyak karena saya pun juga belum berjualan setiap hari. Hanya 1 minggu sekali karena waktu yang tersedia juga belum full diarahkan untuk fokus ke sana. Keuntungan bersih yang didapat dalam waktu sebulan cukup lumayan untuk menambah penghasilan. Kira-kira hampir mendekati UMR Kalimantan Timur. Nah, saat ini kami sedang berusaha untuk mengembangkan dan mempromosikan produk saya lebih jauh lagi, agar semakin banyak orang yang mengenal.

Jadi, manfaatkan sosial media Anda bukan hanya untuk bersosialisasi, tapi juga untuk menghasilkan pundi-pundi tambahan. Kapan waktu yang tepat untuk memulai? Waktu yang tepat untuk memulai adalah sekarang. Karena setiap detiknya, kita tidak tau berapa banyak orang diluar sana yang memiliki ide yang sama dengan kita dan siapa yang lebih cepat menunjukkannya kepada dunia


Menjadi Penulis Lepas (Freelance) Atau Content Creator

Selain berjualan, silahkan teliti kembali bakat terpendam Anda yang lain. Internet selalu punya wadah untuk itu. Jika Anda pribadi yang kreatif dan jago menuangkannya dalam kata-kata, mulailah untuk menulis artikel. Di internet ada banyak sekali website yang siap menampung tulisan Anda. Sebut saja iWriter.com (untuk Anda yang jago membuat artikel dalam bahasa Inggris), geotimes, Sribulancer dan masih banyak lagi. Sudah banyak artikel yang mengulas website-website tersebut, silahkan googling saja. 

Tapi jika Anda ingin membangun kerajaan sendiri, silahkan mulai membuat blog. Awal-awal membangun blog, menulislah dengan lepas sesuai dengan naluri Anda. Abaikan saja dulu teknik-teknik SEO dan lainnya. Memang butuh waktu agar orang dapat menemukan blog Anda. Namun ingat kata Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah menempatkan diri kita di dalam keabadian. Jadi jangan merasa sia-sia untuk menulis, karena tulisan-tulisan kita merupakan investasi di masa depan yang dapat dikenang orang lain.

Saya pun saat ini sedang dalam tahap awal membangun blog saya. Saat yang paling menguji mental saya adalah ketika tidak ada sama sekali viewer dalam postingan blog saya. Tapi tetap saya paksakan untuk menggali kreatifitas, menemukan ide-ide menulis dan menuangkannya dalam artikel yang bermanfaat. Cukup sulit juga menyediakan waktu untuk menulis disela-sela kesibukan bekerja, karena godaan untuk bermalas-malasan dan rebahan sangat tinggi. Bagi Anda yang tertarik untuk mulai membangun blog, silahkan berfokus pada konten yang baik. Buatlah artikel berkualitas sebanyak mungkin dan jangan pusingkan teknik-teknik ngeblog dulu, karena itu akan mengganggu pikiran Anda dalam mencari ide. Setelah artikel Anda cukup banyak dan blog sudah berumur 3 bulan atau lebih, silahkan daftarkan Google Adsense untuk convert hasil karya Anda menjadi penghasilan tambahan yang siap Anda nikmati

Selain blog, bagi Anda yang gemar berbicara di depan umum atau suka tampil di depan kamera, tidak ada salahnya untuk memulai vlog di Youtube. Cari hal-hal yang Anda kuasai dengan baik atau Anda sukai, untuk dibahas di channel Anda. Perlakuannya sama seperti blog, walaupun nanti ada saatnya Anda untuk menerapkan teknik-teknik marketing yang baik, pada saat awal membangun channel Anda sebaiknya berfokus untuk memberikan konten yang terbaik serta original bagi viewer

Itu saja yang dapat saya bagikan untuk Anda, pembaca sekalian. Lah, kok cuma 2 sih peluang usaha yang disarankan? Seperti yang saya katakan diatas, saya ingin memberi saran hanya pada hal yang sudah atau sedang saya jalani. Sehingga apa yang saya bicarakan pun tidak mengada-ada namun nyata adanya. 2 peluang usaha diatas walaupun sederhana, tapi sangat masuk akal untuk dikerjakan seorang yang masih berstatus karyawan. Semoga menginspirasi, tetap semangat belajar dan selalu fokus ya! Sampai bertemu di pembahasan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Sampingan Paling Masuk Akal Bagi Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel