4 Pertanyaan Penting Bagi Diri Ketika Menjalani Pekerjaan Yang Baru

Menjadi seorang pemula itu adalah saat-saat yang paling malesin, paling memalukan, dan paling tidak nyaman. Apalagi jika Anda pernah menjadi seorang yang ahli sebelumnya, namun karena tuntutan pekerjaan maka diharuskan menguasai hal baru dari nol, maka itu akan menjadi waktu-waktu yang paling ingin kita skip dalam hidup. 

Perasaan itu adalah perasaan tak terhindarkan dari yang kita sebut sebagai proses belajar dan pengembangan diri. Untuk membiasakan diri dengan ketidaknyamanan itu, ketahuilah, jika menjadi seorang pemula yang bakal mengekspos kebodohan dan kelemahan itu membutuhkan keberanian. Tindakan yang kita buat selama beberapa bulan pertama dalam pekerjaan yang baru, menentukan keberhasilan kita dalam pekerjaan itu secara keseluruhan nantinya. Segera bangun momentum yang baik bagi diri kita seawal mungkin agar kita bisa semakin awal juga menjalani pekerjaan yang baru dengan penuh visi.

Bagaimana Caranya Saya Menciptakan Nilai Lebih?

Pertanyaan seperti ini sebenarnya sudah lebih dulu ditanyakan pada saat interview bekerja, bersamaan dengan pertanyaan-pertanyaan macam : mengapa kita yang mendapatkan posisi itu? Apa yang direksi harapkan ketika saya memegang posisi ini? Adakah timeframe bagi saya untuk menempuh tujuan? Pastikan kita menemukan jawabannya dengan teliti, karena ini menyangkut kemampuan kita untuk defining what is success. Perjalanan selanjutnya akan lebih melelahkan jika kita sendiri tidak mampu menjelaskan tujuan kita.

Bagaimana Seharusnya Saya Bersikap?

Kita harus selalu paham akan setiap core value dari perusahaan atau divisi yang baru kita masuki. Panduan bagaimana harus bersikap adalah jelas bergantung dengan budaya dan nilai inti dari setiap tempat. Seperti yang saya sebutkan diatas tadi, menjadi pemula dalam sesuatu itu menyakitkan. Dicap tidak kompeten lah, tidak dihargai orang, dan perlakuan-perlakuan tidak mengenakkan lainnya. Nah ini harus kita tanggung sambil kita juga menyesuaikan diri dengan budaya di tempat baru kita. Melanggarnya hanya membuat penderitaan kita semakin berat. Kultur dalam sebuah perusahaan memang sangat diperlukan, sebagai semacam sistem imun bagi perusahaan tersebut, jika ada yang menyimpang dari garis-garis utama norma yang berlaku disana.



Siapa Yang Dapat Memberi Dukungan Saya?

Ingat baik-baik! Anda bukan Superman. Sebuah organisasi yang sehat berisi orang-orang yang mampu saling bekerja sama dengan baik. Sejak awal memulai, Anda harus segera mapping orang-orang yang kira-kira bisa menjalin aliansi bersama Anda untuk mencapai tujuan. Mengapa saya bilang aliansi? Karena tidak bisa dipungkiri, orang-orang yang berseberangan dengan kita akan selalu ada.

Orang yang demikian lebih cocok menjadi oposisi saja, tidak bisa dipaksakan untuk sepikiran. Maka itu saya  katakan sebisa mungkin kita ketahui orang-orang yang bisa memberi nilai lebih dalam kita mencapai tujuan. Kecuali kita memang ditempatkan dengan orang-orang yang berseberangan tersebut dalam satu tim, maka mau tidak mau kita harus bisa memaksimalkan yang ada untuk bisa bekerja dengan baik.

Apa Skill Yang Harus Saya Pelajari Untuk Menyempurnakan Peran Baru Saya?

Sudah banyak pelatih bisnis yang mengatakan “apa yang membawamu kesini, belum tentu bisa membawamu kesana”. Semua skill dan kemampuan yang sudah anda miliki hingga Anda memasuki pekerjaan yang baru ini, belum tentu paket skill yang akan menyelamatkan Anda hingga akhir karir Anda. Tentu saja sekali lagi ini ujian Anda untuk jauh-jauh dari zona nyaman dan harus segera melakukan pengembangan kemampuan secara mandiri.  Semakin cepat Anda mengerti apa kemampuan yang dibutuhkan, maka semakin baik start Anda.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri point-point diatas, dan evaluasi setiap waktu tertentu apakah semuanya masih terkendali atau sudah ada perubahan-perubahan yang kadang tidak Anda sadari. Jadilah orang yang selalu terbuka untuk setiap hal baru, setiap pembelajaran baru, dan apapun yang diluar zona nyaman kita. Dengan demikian kita akan menjadi orang-orang yang tangguh dan mampu untuk selalu menyegarkan diri.

Belum ada Komentar untuk "4 Pertanyaan Penting Bagi Diri Ketika Menjalani Pekerjaan Yang Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel