Ketahui Segera Manfaat Besar Dibalik Belajar Coding Sebelum Terlambat


Hampir semua orang punya smartphone, apapun merknya. Justru kita akan segera mengernyitkan dahi ketika mendengar seorang yang cukup umur tidak memiliki smartphone untuk berkomunikasi. Kepemilikan atas smartphone memang menjadi sebuah keharusan di zaman ini. Mulai dari user yang hanya mengutamakan fungsi hingga user yang menjadikannya simbol gengsi. Didukung berbagai kemudahan untuk memilikinya, nyaris tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak memiliki smartphone. Interaksi dengan smartphone dalam keseharian, menandakan bahwa manusia siap menerima teknologi yang lebih tinggi, dan memang, kita akan segera memasuki masa-masa itu. Nah, bagi orang-orang yang tidak menyadari efek apa yang ditimbulkan dan terlalu nyaman menikmati masa-masa sekarang yang penuh dengan kemudahan, zaman ini bisa dengan kejam menggilas mereka semua. Ada disruptive effect yang nyata harus kita hadapi dalam setiap teknologi yang kita nikmati. Saya rasa tidak banyak orang yang menyadari hal ini, oleh karena itu mari kita buka pikiran kita bersama-sama. Lalu apa hubungannya dengan manfaat belajar coding? Kita kupas pelan-pelan ya.


Kemajuan teknologi, membawa seperti yang kita semua tahu, ibarat pedang bermata 2. Satu sisi membawa kebahagiaan bagi umat manusia, sisi lainnya merusak manusia yang tidak siap menerimanya. Tahukah kita jika setiap klik kita dalam sebuah aplikasi, lalu notifikasi yang muncul, lalu bagaimana pesan terkirim, dan semua interaksi lainnya, terbungkus dalam rangkaian kalimat-kalimat kompleks yang disebut perintah pemrograman (code). Ada yang kita berikan kepada software atau aplikasi, ada yang keluar sebagai respon aplikasi tersebut. Inilah yang menjadi dasar bagaimana kerja dari semua software, semua aplikasi, semua operating system sebuah device, semua web, dan semua yang berhubungan dengan otomasi. Begitu dekatnya kita dengan hal tersebut diatas dalam keseharian kita. Di luar negeri, sudah semakin banyak orang yang menyadari pentingnya belajar coding sejak dini. Dengan belajar coding, kita dapat membuat apapun berbasis IT. Sadarkah kita kalau semua hal sekarang dibangun dengan kata smart? Mulai dari smart city, smart home, smart car, smart design, Internet of Things, dan smart-smart lainnya, semua itu diawali dari coding. Termasuk robot-robot canggih yang beroperasi di pabrik-pabrik besar di dunia diatur oleh bahasa pemrograman. Dan terakhir, yang sedang berkembang pesat adalah Artificial Intelligence, dimana mesin bisa otomatis beradaptasi dengan perubahan lingkungan di sekitarnya berdasarkan analisanya sendiri. Lalu pekerjaan apa sekarang yang tidak bisa dilakukan oleh mesin atau robot? Hampir tidak ada. Saya tidak bilang tidak ada, tetapi nyaris tidak ada. Untuk aktivitas dan pekerjaan yang masih berhubungan dengan jiwa manusia, masih ada harapan. Seperti melukis, bernyanyi, mengajar anak-anak, memahat, membuat puisi, dan bermain peran (acting).  Silahkan mulai dipikirkan, apakah pekerjaan anda saat ini termasuk yang memungkinkan untuk di otomasikan atau di gantikan oleh system?


Disini mulai terasa, orang-orang yang menguasai bahasa pemrograman yang akan berjaya di masa depan. Lah kan sudah ada orang-orang yang terjun di dalam profesi IT atau Insinyur TIK? Untuk apalagi kita ikut campur sok peduli pekerjaan orang lain? Kenyataannya, tidak semua orang lulusan IT bisa menyusun bahasa pemrograman (coding). Banyak sekali lulusan IT yang sebenarnya tidak menyadari hal ini. Disamping itu, belajar coding sangat bisa dilakukan oleh siapapun yang tidak memiliki background IT sekalipun. Selama kita masih memiliki kemampuan berlogika yang baik, selama itulah kita masih bisa untuk belajar coding. Kita bisa membuat website untuk berjualan, membuat aplikasi untuk menjawab permasalahan di sekitar kita, mengolah data dengan kapasitas besar, dan banyak hal lainnya. Teknologi tidak pernah bergerak mundur. Ingat, dunia TIDAK PERNAH menunggu kita untuk maju, kita yang harus SELALU MAJU, mengejar ketertinggalan. Kemauan belajar yang kuat. Ini satu-satunya yang bisa menjadi modal kita untuk bertahan di zaman yang bergerak serba cepat ini. Siapa yang tidak bisa membaca zaman, seperti yang saya katakan di awal tadi, akan terganti oleh zaman. Manusia yang hidup adalah manusia yang mau terus menerus belajar sampai ajal menjemput. Belajar tentu saja bukan hanya berhenti saat kita memakai toga lalu mendapat ijazah. Ada banyak platform belajar coding online beserta kurikulum yang lengkap di internet, dari mulai NOL (awam) hingga expert seperti dicoding, pintaar, codepolitan, petanikode dan masih banyak lagi. Jumlah developer di Indonesia juga masih sangat kurang dibanding jumlah penduduknya, ayo kita mulai belajar coding agar semakin besar kontribusi di bidang teknologi bagi kemajuan bangsa!

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Segera Manfaat Besar Dibalik Belajar Coding Sebelum Terlambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel