Cara Mengganti Lampu Kabut (Foglamp) Mobil Daihatsu Ayla di Rumah


Berbicara soal otomotif, di dalam kendaraan bermotor pasti selalu ada spare parts yang sifatnya habis pakai atau dalam kata lain consumable seiring dengan berjalannya waktu pemakaian. Dan memang semua spare parts selalu ada umur pakai wajar (lifetime) dari manufakturnya, diluar dari faktor pemakaian atau gagal fungsi, atau faktor eksternal yang lain. Bisa ambil contoh misalnya kampas rem, oli mesin, oli transmisi, dan lampu kabut. Nah, pada artikel kali ini saya akan bahas terkait  proses mengganti lampu kabut (foglamp) pada mobil Daihatsu Ayla. Pada Daihatsu Ayla type apapun, terdapat dua lampu kabut bawaan pabrik yang memiliki merk Osram dengan spesifikasi H16 19 watt 12 volt. Menurut saya, lampu jenis ini lumayan susah dicari di Samarinda dengan merk yang persis sama yaitu Osram. 4 hingga 5 toko spare part mobil sudah saya sambangi untuk mencari lampu kabut mobil Daihatsu Ayla ini namun tidak ada yang menjual merk Osram. Akhirnya saya membeli dengan spesifikasi yang sama,lubang socket yang sama persis, namun dengan merk yang entah apa namanya itu. Kalau tidak salah merknya “Matsusaki”, dengan sedikit tulisan mandarin di kardusnya. Harganya 1 pcs Rp 45.000 di salah satu toko spare part di Samarinda. Semoga lampu kabut yang saya beli ini bertahan lama dan memang cocok untuk Daihatsu Ayla di rumah.  Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti jika ingin mengganti lampu kabut mobil Daihatsu Ayla :


Langkah 1 : Cek Area Spakbor Depan
Pada bagian spakbor ban depan cek posisi plastik clamp atau kancing klip yang berada di sekitar belakang lampu kabut. Posisi lampu kabut Daihatsu Ayla pas berada dibalik spakbor depan



Langkah 2 : Melepas kancing klip
Lepaskan 3-4 kancing klip yang berada dibelakang lampu kabut, paling tidak spakbor bisa dibuka sedikit untuk kita selipkan tangan ke belakang lampu kabut Daihatsu Ayla. Gunakan Obeng min dan hati-hati ketika  melepaskan kancing klip, agar kancing klip tidak rusak. Jika agak keras dan terpaksa rusak, klip kancing banyak dijual di toko sparepart mobil dengan harga Rp 4.000 per pcs.





 Langkah 3 : Melepas lampu kabut dari dudukannya
Melalui celah yang terbuka setelah kita melepas klip kancing, kita bisa memasukkan tangan kita untuk menjangkau lampu kabut yang masih terpasang. Ingat! spakbor tidak perlu dibuka semua, hanya yang dekat dengan area lampu kabut saja yang dibuka, supaya tidak ribet dan efisien. Asal tangan kita bisa nyelip ke belakang lampu kabut saja sudah cukup. Kemudian putar dudukan lampu kabut hingga bisa terlepas, dan lepaskan lampu kabut dari socketnya





Langkah 4 : Memasang lampu kabut
Setelah terlepas, pasang kembali lampu kabut yang baru ke dudukan socketnya, dan masukkan kedalam rumahan lampunya. Pastikan ketika memutar untuk mengunci pada dudukan rumah lampu, kaki-kaki lampu kabut benar-benar sudah duduk pada sisinya masing-masing. Perhatikan gambar, disitu ada 3 sisi yang akan mengunci lampu kabut pada rumahannya. Setelah itu coba nyalakan mobil untuk tes lampu kabut yang sudah terpasang pada Daihatsu Ayla anda.




Posisi kaki-kaki lampu belum duduk pada dudukannya masing-masing


                                                  Posisi kaki-kaki lampu sudah duduk pada dudukannya masing-masing






Silahkan dicoba apabila kebetulan lampu kabut Daihatsu Ayla anda sudah saatnya diganti. Lumayan menghemat tanpa harus ke bengkel hanya untuk sekedar mengganti lampu kabut.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti Lampu Kabut (Foglamp) Mobil Daihatsu Ayla di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel